Pandemic covid-19 membuat setiap orang perlu membatasi diri dalam menjalankan beragam aktivitas yang harusnya dilakukan. Kini beragam aktivitas dijalankan dari rumah dan hanya bisa keluar saat ada keperluan mendesak yang pada dasarnya perlu untuk dilakukan. Banyaknya waktu yang dimiliki untuk bisa berada di rumah terkadang membuat seseorang merasa bosan dan ingin melakukan sebuah aktivitas. Aktivitas yang dilakukan seringkali dijalankan untuk bisa mengisi waktu kosong yang dimiliki oleh setiap orang saat dirumah saja.

Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan adalah mengikuti seminar nasional bersama dengan DNARS Indonesia. Kini trend skincare yang ada di Indonesia sudah tidak bisa di elakkan lagi dan membuat banyak sekali beragam dampak yang terjadi. Salah satunya dampak pada munculnya permasalahan kulit yang terjadi akibat salah menggunakan skincare. Permasalahan kulit biasanya akan terjadi akibat kurangnya pengetahuan mengenai kebutuhan penggunaan skincare. Jika kamu menggunakan skincare tanpa memiliki pengetahuan akan kebutuhan kulit maka akan cenderung menjadi sebuah masalah yang terjadi pada kulit.

Ada baiknya dalam mendapatkan pengetahuan mengenai kebutuhan kulit agar mengikuti webinar yang disediakan oleh DNARS Indonesia. Awalnya aku ngerasa ragu mau ikutan karena sangkaanku webinar akan sangat membosankan dan hanya memberikan materi yang biasa saja. Hingga akhirnya aku mencoba mengikuti webinar yang dilaksanakan pada hari sabtu 29 Agustus 2020 kemarin. Webinar yang disediakan oleh DNARS Indonesia pada dasarnya menjelaskan tentang pengetahuan dan pengenalan tentang bagaimana jenis kulit. Penasaran kana pa saja isi dari webinar yang dilakukan oleh DNARS Indonesia, yuk simak info lengkapnya dibawah ini.

Webinar langsung dihadiri oleh beberapa orang ternama dan memiliki pengalaman seperti dr. Grace Hananta serta Shireen sungkar. Webinar ini dipandu langsung oleh MC yang bernama Diana Caroline. Shireen sungkar sendiri menjadi brand ambassador dari DNARS Indonesia dan dr. Grace Hananta sebagai narasumber berpengalaman. Tentu ada banyak topic menarik yang dibahas pada webinar ini mulai dari penyebab masalah kulit hingga daily skincare routine yang benar untuk digunakan. Ada banyak pengetahuan yang bisa didapatkan dari webinar yang dilakukan oleh DNARS Indonesia pada harib sabtu kemarin.

Mengenal Jenis Kulit Wajah Secara Benar

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa secara umum terdapat 5 jenis kulit diantaranya normal, kering, berminyak, kombinasi, dan juga sensitive. Beberapa kondisi kulit tentunya memiliki penanganan yang berbeda dalam penggunaan skincare routine yang harus digunakan. Tentu perlu adanya pengetahuan mengenai beragam jenis kulit secara lengkap supaya tahu apa yang harusnya dilakukan.

Normal Skin

Salah satu jenis kulit wajah adalah normal skin yang berarti kulit wajahmu tidak terlalu berminyak ataupun kering. Tentu jenis wajah yang normal skin ini dapat menggunakan segala macam produk yang tersedia tanpa ada pantangannya. Pada dasarnya kulit wajah yang normal akan sangat jarang mengalami masalah seperti kemerahan, perih, dan yang lainnya. Merawat kulit wajah dengan baik meskipun kondisinya normal tentu sangat perlu dilakukan ya.

Dry Skin

Kondisi kulit lainnya yang penting diketahui adalah dry skin yang biasanya ditandai dengan kulit yang terasa kering hingga rasanya seperti tertarik. Adapula jenis kulit dry skin yang juga mengalami masalah berupa kulit wajah yang mengelupas dan terasa perih jika kekurangan pelembab diwajah. Kondisi kulit kering yang terjadi pada wajah tentu menjadi masalah yang benar benar harus di selesaikan dengan baik. Salah satu cara yang tepat mengatasi munculnya permasalahan kulit kering adalah dengan rutin konsumsi air putih dengan kadar yang cukup.

Oily Skin

Oily skin sendiri pada dasarnya merupakan jenis kulit berminyak dan biasanya ditandai dengan banyaknya minyak di area wajah saat bangun tidur. Kondisi kulit berminyak seringkali menjadi awal mula munculnya jerawat yang ada di wajah dan harus ditangani dengan tepat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit wajah berminyak adalah menggunakan oil paper. Banyaknya minyak yang ada di kulit wajah biasanya terjadi akibat dari adanya dehidrasi yang dialami oleh seseorang. Minum air putih yang banyak menjadi sebuah solusi untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak.

Combination skin

Jenis kulit kombinasi seringkali ditandai dengan munculnya minyak di area sekitar hidung saja dan pada bagian wajah lainnya cenderung kering. Kondisi kulit combination skin sendiri merupakan jenis kulit yang dimiliki hampir setiap orang.

Sensitive skin

Sensitive skin biasanya ditandai dengan adanya rona kemerahan diarea wajah, terasa perih, panas, dan juga tidak cocok pada bahan tertentu. Wajah yang mengalami kulit sensitive harus melakukan perawatan ekstra untuk menjaga kondisi kulit tetap baik.

Skincare Routine

Pada dasarnya hal pertama yang perlu dilakukan dalam skincare routine tentunya adalah double cleansing yang harus dilakukan dengan tepat. Tahapan ini tentu menjadi sebuah hal yang paling penting dilakukan karena kalau tidak bersih maka tidak ada gunanya menggunakan skincare.

First cleanser : kamu perlu menggunakan beberapa bahan mulai dari micellar water, oil cleanser, cleansing balm, milk cleanser, dan juga bahan lainnya. Fungsi dari beberapa bahan tersebut adalah untuk mengangkat make up, debu, dan juga kotoran yang menempel pada kulit.

Second cleanser : sabun cuci muka menjadi second cleanser yang harus digunakan. Fungsinya adalah untuk bisa memaksimalkan tahapan cleansing. Gunakanlah sabun cuci muka yang kalau bisa PH-nya berada pada kisaran 4,5 sampai 5,6.

Exfoliator : bahan ini dapat digunakan secara opsional sebanyak 1 sampai 2 kali dalam seminggu dan fungsinya mengangkat sel kulit mati.

Setelah tahapan tersebut tentu perlu dilakukan tahapan selanjutnya yang dimulai dari pemakaian skincare dengan tekstur paling cair ke yang padat.

Toner : toner pada dasarnya menjadi gerbang utama dalam penggunaan skincare dan perlu digunakan untuk menyiapkan kulit wajah.

Essence : tekstur essence pada dasarnya cenderung cair dan juga ringan namun kandungan yang dimiliki sangatlah tinggi.

Serum : serum merupakan bagian skincare dengan kandungan yang berkonsentrasi tinggi dan teksturnya lebih kental.

Mask : kamu bisa menggunakan sheet mask setelah serum digunakan ya.

Eye cream : jangan lupa untuk menggunakan eye cream pada daerah mata ya.

Moisturizer : pelembab atau bisa dibilang cream pagi dan malam juga menjadi skincare penting untuk digunakan.

Sunscreen : pada waktu pagi hari kamu jangan lupa menggunakan sunscreen sebagai skincare routinmu ya.

Shireen sungkar yang berperan sebagai brand ambassador dari DNARS Indonesia juga memberikan beberapa tips menjaga kulit agar tetap sehat. Ada banyak pelajaran yang bisa aku dapetin dari webinar yang dilakukan oleh DNARS Indonesia. Intinya semuanya itu masuk banget sama aku yang sering mengalami beberapa masalah kulit wajah yang perlu diatasi dengan tepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here